You are here:

Home Category Table Kiat Menidurkan Bayi Anda
Kiat Menidurkan Bayi Anda PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Saturday, 18 February 2012 06:00

Tidak semua bayi mudah tertidur. Dan pola tidur bayi tidak bisa diperkirakan sebab setiap bayi memiliki pola tidur yang berbeda. Pada awal kehidupan bersama bayi baru, memberikan yang terbaik bagi bayi tidaklah sulit, termasuk tidak tidur sepanjang malam. Tetapi seiring berjalannya waktu, anda tentu berharap si ayah memberikan bantuan ketika menghadapi pola tidur si bayi. Betapa lelahnya jika harus terus menerus menghadapi masalah tidur bayi seorang diri.

Untung saja, kebanyakan bayi sudah mulai bisa tidur sepanjang malam pada usia 3-4 tahun. Tetapi beberapa orang tua masih membiarkan kebiasaan tidur yang buruk berlangsung selama beberapa tahun. Saatnya anda mengajari si kecil ketrampilan tidur, jika pada usia 6 bulan ia masih menjadi "burung hantu kecil". Tidak ada kata terlalu dini untuk memulainya. Berikut ini strategi untuk membantu bayi tidur nyenyak.

Patuhi Jadwal

Tidurkan bayi pada waktu yang sama setiap harinya, misalnya jam tujuh atau jam delapan. Satu kali anda melewatinya, bayi sudah terlalu lelah. Ia akan menjadi lebih sulit tertidur.

Bangun sebuah kebiasaan

Beberapa bayi memerlukan "upacara khusus" sebelum tidur. Misalnya mandi air hangat, lagu atau dongeng pengantar tidur, usapan lembut pada perut/punggung, Mengganti baju/popok, menyanyikan lagu nina bobo, dan membacakan cerita. Kegiatan ini akan membuat bayi nyaman dan biasanya akan membentuk rutinitas sebelum tidur.

Kenali tanda-tanda lelah si kecil

Periode bangun si kecil biasanya tidak akan lebih dari 2 jam. Jika sudah rewel, menggosok mata, terkantuk-kantuk atau menarik-narik telinganya biasanya menandakan si kecil sudah lelah. Sering juga terjadi, bayi yang mulai tertidur tiba-tiba membuka matanya lalu menutupnya dengan cepat. Tanda ini sering terlewatkan oleh orang tua.

Ajarkan perbedaan siang dan malam

Pada siang hari, ajak si kecil bermain, buka tirai di kamar tidurnya, biarkan cahaya masuk dan nyalakan musik yang riang gembira. Sedangkan pada malam hari dan pada jam tidur siangnya, tutup tirai kamar dan matikan lampu atau gunakan cahaya lampu yang redup, tidak terlalu terang.

Biarkan si kecil tertidur dengan sendirinya

Memasuki usia 2 bulan, ibu sudah bisa mulai membiarkan si kecil tertidur dengan sendirinya, tanpa perlu menimang-nimang atau meninabobokannya.

Sesuaikan lampu dan suhu ruangan bayi

Lampu temaram membuat tidur lebih nyenyak, terutama pada bayi yang sensitif. Jaga pula agar suhu ruangan bayi lebih hangat pada siang hari dan lebih dingin pada malam hari. Hal ini juga membantu bayi untuk membedakan siang dan malam hari. Gunakan thermometer multi fungsi yang dapat memonitor suhu ruangan sehingga anda dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bayi.

Hindari:

  • Mencampurkan sereal ke dalam botol susu agar bayi kenyang, Hal ini akan justru membuat ia tidak nyaman dan susah tidur.
  • Menimang bayi. Hal ini akan sangat menenangkan dan membantunya tertidur dengan cepat, tetapi ia akan ketagihan.
  • Membiarkan bayi tidur sambil menyusu atau minum botol. Hal ini akan menciptakan kebiasaan buruk. Jika terbangun tengah malam, ia akan berharap anda menyusuinya.

 

 

Last Updated on Saturday, 18 February 2012 08:31
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg