You are here:

Home Category Table Membersihkan Wajah, Telinga & Tubuh Bayi Anda
Membersihkan Wajah, Telinga & Tubuh Bayi Anda PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 11 August 2008 17:18

Bingung memandikan dan membersihkan bagian-bagian tubuh tertentu pada bayi? Bukan hanya bunda seorang, banyak ibu-ibu muda yang masih bingung, peralatan apa saja yang tepat dan sebaiknya digunakan, bagimana cara memegangnya, dll. Berikut ini tips-tips membersihkan wajah, telinga dan tubuh bayi anda.

 

Bagian telinga yang boleh dibersihkan hanya bagian luar. Bersihkan bagian luar telinga lap pembersih atau kapas. Telinga memiliki kemampuan membersihkan sendiri. Jangan mencoba untuk mengorek telinga dengan cotton buds atau benda lain. Sebab, selain kotoran justru bertambah masuk, selaput dan gendang telinga bayi bisa rusak.

Untuk bagian mata, pastikan anda mengetahui penyebab mata bayi yang kotor sebelum anda membersihkannya. Bila sudah yakin, gunakan kapas yang lembut agar tidak melukai mata atau mengiritasinya. Sebelum diusapkan ke mata, basahi kapas dengan air hangat terlebih dahulu. Gunakan kapas yang baru untuk membersihkan mata yang lain.

Seperti halnya telinga, hidung tidak memerlukan perawatan khusus karena memiliki daya pembersih sendiri. Bersihkan bagian luarnya jika ada cairan atau kotoran yang keluar. Hindari penggunaan kapas bertangkai, tisu yang digulung apalagi jari anda untuk membersihkan kotoran. Bisa jadi malah, kotoran justru akan semakin masuk ke dalam atau menggores dinding hidung yang peka. Untuk menyedot lendir ingus pada saat bayi pilek, gunakan alat penyedot ingus. Hindari menghisap ingus melalui mulut anda, karena memungkinkan perpindahan kuman dari mulut ibu ke bayi. Karena ketahanan tubuh bayi masih rentan, sehingga mudah terkena penyakit.

Membersihkan Kelamin

Alat kelamin bayi harus dibersihkan dengan seksama setelah buang air besar atau buang air kecil Lakukan secara perlahan untuk mengurangi resiko ruam atau infeksi.

Membersihkan Penis

  1. Hindari penggunaan tisu karena bisa menyebabkan luka. Lebih baik gunakan kapas steril yang telah direndam dengan air hangat.
  2. Usap daerah penis, sisi-sisinya dan di bawah testikel dengan kapas basah. Lalu bersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya.
  3. Bersihkan daerah anus dan perhatikan lipatan-lipatan disekitarnya
  4. Cara membersihkan dengan gerakan memutar ke arah bawah, menghadap jari kaki si kecil.

Membersihkan vagina

  1. Karena letaknya berdekatan dengan lubang anus, membersihkan vagina harus lebih hati-hati.
  2. Gunakan baby wipe atau kapas steril yang telah direndam air hangat. Angkat kaki bayi dengan memegangi pergelangan kakinya. Usap daerah vagina dengan perlahan, tetapi cukup kuat, dari arah depan ke belakang. Ini untuk mengurangi resiko berpindahnya kuman-kuman ke vagi
  3. Bersihkan bibir luar vagina, dan pastikan anda membersihkan daerah lipatan di daerah paha bagian atas. Jangan mencoba untuk membersihkan bagian dalam vagina. Membuka bibir vagina dapat menimbulkan infeksi.
  4. Keringkan dengan tisu yang lembut dan tidak mudah sobek atau kain bersih. Ambil tisu lagi dan bersihkan pula daerah pantat dan panggul. Biarkan beberapa saat agar kering.
  5. Hindari pemakaian talk. Pakaikan popok bersih setelahnya.

Merawat Tali Pusat

Tali pusat menghubungkan plasenta dengan bayi pada daerah pusar. Tali pusat melekat dan akan dipotong pendek sesaat setelah bayi lahir. Pangkal tali pusat seharusnya kering dalam dua minggu. Tetapi beberapa bayi membutuhkan waktu lebih lama. Berikut cara merawat dan membersihkan tali pusat:

  1. Pastikan tetap kering. Sisa tali pusat akan lebih cepat kering dan sembuh jika terkena udara. Jangan menutupnya dengan popok atau plastik. Kerinkan dengan benar jika basah..
  2. Pastikan kebersihannya. Gunakan kapas steril yang telah direndam dalam alkohol. Usapkan pada bagian pangkal tali pusat termasuk daerah sekitarnya dan lipatan-lipatan pusar dengan perlahan. lakukan dua kali sehari.
  3. Pastikan tidak infeksi. Adanya pendarahan ringan pada tali pusat tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi perhatikan dan waspadai jika kondisinya bernanah atau tali pusat membengkak dan memerah, Tali pusat tidak putus dalam waktu 4 minggu atau keluar bau tidak sedap. Segera hubungi dokter.
  4. Pastikan popok tidak mengenai tali pusat.

Memandikan bayi

Ada rasa berdebar bercampur gembira ketika waktu memandikan bayi tiba. Keberhasilan melewati proses pelekatan dengan si kecil akan menjadikan hidup lebih mudah bagi orang tua dan anak. Kelahiran bayi memberikan banyak tanggung jawab baru untuk orang tua. Salah satunya adalah memandikan bayi baru lahir. Saat penuh keintiman dengan si kecil ini sangat berharga. Memandikan si kecil mendorong pelekatan yang sehat yang akan berkembang seiring waktu.

Langkah memandikan bayi:

  1. Baringkan bayi diatas handuk.
  2. Gunakan  kain lembut yang telah dibasahi air hangat.
  3. Bayi baru lahir tidak membutuhkan sabun.
  4. Akhiri mandi dengan membersihkan alat kelamin bayi.
  5. Basuh alat kelamin dari depan ke belakang untuk mencegah masuknya bakteri pada bayi perempuan.
  6. Alat kelamin laki-laki dibasuh dari bawah kantung buah pelir.

Mandi Berendam

  1. Sangga bagian pantat, bahu serta kepala dengan kedua tangan. Masukkan bayi ke dalam bak bagian pantat terlebih dahulu.
  2. Bersihkan wajah bayi dengan waslap basah tanpa menggunakan sabun.
  3. Senyum dan bicaralah dengan bayi sementara bayi
  4. Tuangkan sabun pada waslap, bersihkan dari bagian tubuh yang paling bersih, lalu yang paling kotor agar waslap dan air bersih lebih lama.
  5. Bilas tubuh bayi, terutama pada daerah lipatan kulit.
  6. Dudukkan si kecil dan pegangi bagian ketiak dengan tangan kanan saat membasuh tubuh bagian belakang.
  7. Angkat tubuh bayi dari bak dan letakkan diatas handuk.
  8. Tekan handuk dengan lembut untuk mengeringkan setiap bagian tubuh, terutama di lipatan-lipatan kulit.

Yang harus diperhatikan:

  1. Sampai tali pusatnya puput, bayi sebaiknya tidak dimandikan dalam bak karena akan memperlambat gugurnya tapi pusat.
  2. Gunakan air hangat agar ia tak masuk angin.
  3. Sabun yang digunakan sebaiknya adalah sabun yang telah disesuaikan dengan kulit bayi.

 

 

Last Updated on Sunday, 22 January 2012 15:16
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg