You are here:

Home Category Blog Perilaku Bayi
Perilaku Bayi PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Monday, 05 September 2011 01:11

Sistem Saraf dan otak bayi baru lahir belum berkembang sempurna. Untuk bertahan hidup, si kecil dibekali refleks, yaitu, gerakan primitif yang tidak terkontrol atau involuntary. Refleks juga dianggap sebagai gerakan motorik yang penting bagi bayi baru lahir. Umumnya ada 9 gerakan refleks yang dimiliki oleh bayi.

Refleks Mengenggam

Jenis refleks ini ada dua, refleks palmar (di telapak tangan) dan plantar (di telapak kaki). Letakkan jari anda atau sebuah benda di telapak kaki/tangan bayi. Jari-jarinya langsung mengenggam. Refleks ini sangat kuat untuk menahan seluruh berat tubuhnya. Begitu pula jika telapak kaki bayi diusap, akan langsung melengkung dan jari-jari menekuk. Kedua refleks ini biasanya melemah di usia 3 bulan dan hilang pada saat bayi berusia 5 - 6 bulan.

Refleks Berjalan

Orang tua biasanya terkejut melihat refleks ini. Pegangi bayi di bagian bawah lengan, sokong kepalanya, dan biarkan kakinya menyentuh permukaan datar. Kakinya akan bergerak seperti sedang berjalan tetapi tidak mencerminkan cepat/tidaknya ia berjalan yang sebenarnya. Refleks ini terlihat jelas setelah 4 hari pertama dan hilang di usia 2-3 bulan. Refleks ini muncul lagi saat bayi belajar berjalan pada usia 10 - 15 bulan.

Refleks Moro/Kaget

Refleks ini muncul jika bayi dikagetkan oleh suara yang keras atau gerakan tiba-tiba. Bayi merespon refleks moro dengan merentangkan tungkai kaki dan tangan, melengkungkan punggung, menjatuhkan kepala, menangkupkan kedua lengan dan kaki ke dada. Refleks ini hilang di usia 3 - 6 Bulan.

Refleks Otot leher

Bayi segera mengambil posisi "memagari" kepala miring ke satu sisi, jika diterlentangkan. Lengan dan tungkai pada sisi yang sama akan terentang dan anggota tubuh lain melipat. Refleks ini hilang di usia 4 - 9 bulan.

Refleks Babinski

Angkat telapak kaki bayi secara perlahan dari arah pergelangan ke jari-jari kaki. Jari kakinya akan terangkat dan kaki melengkung ke arah dalam. Refleks ini hilang di usia 1 - 2 tahun.

Refleks Rooting

Usap pipi bayi dan secara otomatis, ia akan memalingkan kepala untuk mencari puting. Mulutnya terbuka dan siap menghisap. Refleks ini akan hilang pada usia 3 - 4 bulan dan tetap ada meski bayi sedang tidur.

Refleks Galant

Dalam posisi tengkurap, usap bayi di bagian punggung dari leher hingga tulang belakang. Ia akan melengkungkan punggung ke arah rangsangan. Refleks ini hilang di usia 3 - 6 bulan.

Refleks Swimming

Bila ditelungkupkan di dalam air, tubuh bayi secara otomatis akan membuat gerakan seperti berenang. Refleks ini akan hilang di usia 6 - 7 bulan.

Refleks Blinking

Bayi segera menutup kedua matanya bila ada kilatan cahaya atau hembusan udara. Refleks ini tidak akan hilang (menetap).

 

 

 

Last Updated on Saturday, 17 September 2011 02:55
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg