You are here:

Home Content Layouts
Apakah Demam biasa dapat menyebabkan kerusakan pada otak? PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 29 October 2009 22:33

Para orang tua seringkali khawatir mengenai hal ini, tetapi kerusakan otak permanen yang disebabkan demam biasa karena infeksi adalah tidak mungkin. Bukanlah hal yang luar biasa bagi seorang anak dengan panas 40°C - 40.5°C.

Walaupun Panas dengan suhu 41°C merupakan hal yang tidak biasa, kecuali si anak terperangkap di dalam ruangan yang panas atau berpakaian terlalu tebal, kebanyakan anak masih dapat mentoleransi panas dengan suhu lebih tinggi dari 41.5°C keatas tanpa efek jangka panjang dari demam itu sendiri. Hanya temperatur diatas 42.2°C yang dapat menyebabkan kerusakan pada otak, panas setinggi ini biasanya disebabkan karena pengaruh suhu di sekitarnya (misalnya: terperangkap di dalam mobil tertutup dan panas).

Ingatlah bahwa demam itu bukan merupakan suatu penyakit. Tetapi merupakan cara tubuh untuk memerangi penyakit. Suhu yang lebih tinggi memungkinkan tubuh untuk menyerang infeksi yang merugikan tubuh, dimana lebih senang berada di suhu sekitar 37°C. Demam juga memberitahukan kepada tubuh untuk memproduksi lebih banyak substansi- substansi yang memerangi infeksi seperti sel darah putih dan antibodi.

Tidak perlu panik dalam menghadapi demam, namun tetap tidak boleh diabaikan, terutama jika bayi anda baru berusia beberapa bulan atau bahkan kurang. Bawalah segera ke dokter jika bayi anda berusia di bawah 3 bulan dan mengalami panas dengan suhu mencapai 38°C atau lebih. Demam pada bayi dengan usia semuda ini harus di periksa dengan teliti untuk kemungkinan adanya infeksi atau penyakit.

Jika bayi anda berusia di atas 3 bulan, tanyakan kepada dokter anda pada kondisi seperti apa dapat menghubungi dokter. Untuk bayi usia 3 - 6 bulan, dokter anda mungkin akan menyarankan untuk menghubungi dokter jika panas suhu tubuhnya mencapai 38.3°C atau lebih. Setelah berusia 6 bulan ke atas, dokter anda mungkin akan menyarankan agar segera menghubunginya ketika panasnya mencapai 39.5°C.

Beberapa anak (sekitar 4%) yang berusia antara 6 bulan - 5 tahun mengalami kejang-kejang ketika mengalami demam, tetapi hal ini bahkan tidak mengakibatkan kerusakan otak permanen.

Apakah demam harus selalu langsung di atasi?

Jangan terlalu bergantung pada angka di termometer anda, selama demam itu sendiri tidak menyebabkan ketidaknyamanan pada anak anda maka anda tidak perlu khawatir, cukup memonitor perkembangannya saja. Namun, jika anak anda terlihat tidak nyaman, reasonable jika anda memberikannya Acetaminophen atau ibuprofen dengan dosis yang telah ditentukan. Namun, jika anak anda terlihat tidak lincah seperti biasanya, menolak minum cairan, dan terlihat sakit, bawalah segera ke dokter.

 

 

Last Updated on Friday, 30 October 2009 06:18
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg