You are here:

Home Example Pages
Cold Complications PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 12 August 2008 09:26

Jika anak anda mengalami batuk, bersin-bersin, hidung tersumbat lebih dari 7 - 10 hari. Berhati-hatilah, kemungkinan anda anda mengalami sesuatu yang serius. Berikut komplikasi yang kemungkinan terjadi:

 

Pneumonia (Radang Paru)

Infeksi ini bekerja ketika virus flu tersebut telah menetap jauh kedalam paru-paru. Anak anda kemungkinan terkena radang paru jika mengalami demam setelah sakit selama kurang lebih satu minggu, jika batuknya terus bertambah parah, adanya keluhan sakit di dada, berbunyi menciut atau mendesah, atau mengalami kesulitan bernafas dan yang pasti menjadi rewel tidak seperti biasanya. Radang paru dapat menyerang diusia berapa saja, tetapi bayi atau anak dengan kelainan paru seperti asma memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap komplikasi.

Croup (Batuk yang disertai sesak nafas)

Pada bayi dan balita, virus flu tersebut juga dapat menyebabkan radang pada tenggorokan. Hari pertama atau hari kedua ketika bayi anda mengalami flu, biasanya beberapa jam setelah anda menaruhnya ditempat tidurnya pada malam hari -  anda akan mendengar seperti suara anjing laut mengonggong. Bayi anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam bernafas, nafasnya berbunyi mencuit/mendesah dan menangis ketika batuk. Tips untuk meringankannya adalah: Nyalakan air panas di dalam kamar mandi, kemudian duduknya berdua dengan bayi anda didalam ruangan yang beruap, atau bawalah bayi anda keluar sebentar untuk menghirup udara dingin, saran Neil Schachter, MD, Penulis The Good Doctor's Guide to Cold and Flu. Jika anak anda masih mengalami kesulitan bernafas 20-30 menit setelahnya, segera hubungi dokter anda.

Infeksi Telinga

Jika bayi anda menangis ketika menelan susu atau makanannya, menarik dan menggosok-gosok telinganya terus menerus, tidak dapat tidur pada malam hari, dan tiba-tiba demam, kemungkinan bayi anda terkena infeksi telinga. "Pilek dan Flu menyebabkan peradangan pada saluran pernafasan," Penjelasan dari Dr. Petrikin. "Hal tersebut dapat menutup Eustachian Tubes, yang berfungsi mengeringkan cairan didalam telinga tengah. Ketika cairan itu tersumbat, bakteri dapat berkembang." Infeksi telinga dapat diatasi dengan Acetaminophen sebagai antibiotik. Untungnya, seiring bertambahnya usia si bayi atau balita, begitu juga dengan Eustachian Tubes mereka. Infeksi telinga paling sering terjadi antara usia 6 bulan s/d 2 tahun.

Infeksi Sinus

Infeksi bakteri juga dapat berkembang didalam sinus ketika cairan tersebut terperangkap didalamnya. "Infeksi sinus biasanya terjadi pada anak usia 2 tahun keatas dimana pada saat itu sinusnya telah terbentuk dengan baik," kata Dr. Demmler. Gejala yang harus diperhatikan adalah Demam, batu yang terjadi selama 10 - 14 hari tanpa ada tanda-tanda membaik, kesulitan bernafas, mata bengkak atau sakit kepala. Ahli kesehatan anda mungkin akan menyarankan penggunaan Acetaminophen, Decongestants, saline drop, dan antibiotik.

 

 

Last Updated on Saturday, 29 May 2010 05:54
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg