You are here:

Home News The CMS Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi?
Si Kecil Mulai Tumbuh Gigi? PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 11 June 2015 00:00

Penasaran dengan kapan gigi bayi tumbuh? Kenali deh Gejalanya.

Gigi bayi yang masih berupa gigi susu, baru akan muncul di usia 6 bulan hingga 1 tahun. Awalnya gigi bayi pertama kalinya tumbuh di bagian depan atas atau di bagian bawah. Meski ini merupakan pertumbuhan normal, akan tetapi dapat berpengaruh tidak nyaman pada bayi. Beberapa orang tua seringkali kewalahan karena bayi rewel saat tumbuh gigi. Sebenarnya gigi bayi mulai berkembang dari sebelum mereka lahir, namun biasanya tidak tampak sampai mereka berusia 6 bulan dan 1 tahun.

Pertumbuhan gigi sudah dimulai sejak bayi berada di kandungan, yakni sejak janin berusia 4 minggu hingga bayi lahir. Karena yang dimaksud pertumbuhan gigi adalah pertumbuhan dari dalam, bukan dalam arti keluar giginya. Sedangkan keluarnya gigi yang terjadi setelah kelahiran disebut erupsi gigi. Jadi tumbuh gigi dan keluarnya gigi itu berbeda. Saat bayi berusia 6-8 bulan tumbuh gigi pertama di rahang bawah. Usia 8-10 bulan tumbuh dua buah gigi di rahang atas. Saat bayi berusia 1 tahun tumbuh 8 gigi, hingga gigi seri muncul semuanya.

Meski proses pertumbuhan gigi pertama itu merupakan pertumbuhan normal, tetapi dapat berpengaruh tidak nyaman pada bayi. Ketidaknyamanan seperti rasa gatal, mudah tersinggung, nyeri. Selain itu, saat tumbuh gigi biasanya nafsu makan berkurang dan rewel. Namun ada kalanya tidak ada gejala yang berarti. Reaksi tersebut tergantung pada daya tahan tubuhnya dan ketahanan daya ambang sakitnya yang berbeda-beda pada setiap bayi.

 

Tidak Selalu Demam

Ada sebagian orangtua yang berpendapat bahwa tumbuh gigi pada bayi dapat menimbulkan demam tinggi dan diare. Namun biasanya Dokter enggan menghubungkan demam dengan pertumbuhan gigi, karena mungkin saja demam itu terjadi diwaktu yang sama antara tumbuh gigi pertama dengan rendahnya tingkat imunitas bayi yang menyebabkan rentannya terkena infeksi dan juga gangguan kesehatan.

Walaupun demikian, sama halnya dengan jenis peradangan yang mungkin terjadi di bagian tubuh yang lain, gusi yang sedang meradang juga kadang bisa menyebabkan demam rendah. Demam seperti ini bisa ditangani dengan perawatan yang sama dengan demam lain yang harus dikonsultasikan ke dokter anak apabila berlangsung lebih dari 3 hari. Gigi pertama pada bayi akan tumbuh bisa dilihat dari 5 tanda berikut ini:

  1. Gusi membengkak. Bunda dapat melihat sebagian gigi muncul di gusi.
  2. Banyak mengeluarkan air liur. Erupsi gigi menembus lapisan atasnya menimbulkan rasa sakit. Air liur yang keluar berfungsi mengurangi rasa sakit akibat erupsi gigi tersebut.
  3. Sering terbangun pada malam hari. Biasanya bayi tidur tenang pada malam hari, namun sekarang sering terbangun dan minta digendong.
  4. Menggigit benda-benda yang dipegang. Si kecil mulai mengunyah apapun yang ada di dalam genggamannya.
  5. Rewel. Si kecil jadi sering menangis dan sulit untuk ditenangkan.

Bila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda akan tumbuh gigi tersebut. Bunda tidak perlu panik. Karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit akibat tumbuh gigi:

  • Biasanya bayi akan mengigit sesuatu saat gusinya tidak nyaman dan terasa gatal. Berikan biskuit bayi dengan tekstur keras tetapi dapat hancur setelah terkena air liur.
  • Sediakan mainan karet yang dapat digigitnya Tanyakan hal ini dengan Dokter bunda agar mainan yang Bunda berikan bebas dari racun dan aman.
  • Beri pijatan ringan pada gusi bayi dengan telunjuk yang telah dibersihkan. Atau bisa menggunakan kain lembut yang telah dibasahi air hangat.
  • Biarkan dia menikmati dot bayi untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi, terutama pada malam hari saat ia tertidur.
  • Bila bayi mogok makan karena gigi membuatnya tidak nyaman, konsultasi hal ini dengan Dokter anak. Sekalipun tidak nyaman dengan giginya, bayi kita tetap harus mendapat nutrisi.
  • Konsultasikan dengan Dokter apabila nyeri pada bayi kita tidak kunjung reda. Bunda juga perlu memperhatikan nutrisi yang berhubungan dengan pertumbuhan gigi pada bayinya, yaitu: kalsium dan flor. Kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang gigi dan syaraf gigi, sedang flor berguna untuk pembentukan lapisan gigi atau email gigi.

 

Jangan Panik

Jangan panik apabila anak belum tumbuh gigi padahal usianya telah lewat dari 6 bulan. Karena pertumbuhan gigi pada setiap bayi memang berbeda. Tetapi jika hingga usia 12 bulan giginya belum tumbuh, boleh segera menanyakan hal tersebut dengan Dokter gigi untuk difoto guna mengetahui seberapa lama akan muncul gigi ke atas gusi.

Beberapa keadaan yang membuat bayi perlu dibawa konsultasi ke dokter anak, baik yang berhubungan dengan tumbuh gig pertama atau gigi anak secara umum:

  • Demam lebih dari 38.5 derajat Celcius yang berlangsung lebih dari 1 hari.
  • Tanda-tanda penyakit lain, misalnya sering menarik-narik telinga (sebagai tanda telinganya sakit), diare berat, dermatitis popok berat dan sebagainya.
  • Gigi pertama belum tumbuh pada usia 12 bulan.
  • Terlihat tanda-tanda kerusakan gigi (karies gigi)
  • Gigi permanen tumbuh disaat gigi susu belum tanggal, sehingga terdapat dua barisan gigi.
  • Terdapat kelainan di rahang atau mulut misalnya rahang kecil, sumbing di langit-langit.
  • Mengalami cedera di daerah muka yang mencederai gigi atau gusi.
Last Updated on Thursday, 18 June 2015 09:58
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg