You are here:

Home News The Community Anakku sakit perut, Kenapa ya?
Anakku sakit perut, Kenapa ya? PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Tuesday, 03 November 2009 00:00

Temukan gejala sakit perut anak anda pada kolom sebelah kanan dan kaitkan dengan kolom sebelah kiri untuk melihat kemungkinan penyebab sakit perutnya. (Perhatian!: Tabel ini dimaksudkan hanya sebagai panduan saja dan bukan dimaksudkan sebagai pengganti nasehat dokter anda).

 

 

Gejala:

Disebabkan oleh:

Frekuensi BAB berkurang (Bahkan tidak sama sekali dalam 2 - 3 hari ini); Tidak nyaman ketika sedang BAB; Kotorannya keras dan kering; Sakit di bagian perut sebelah kanan. Hal yang biasa pada saat toilet training.

Konstipasi / Susah buang air besar

Perut terasa tidak nyaman tanpa ada gejala lainnya; dapat muncul setelah makan makanan tertentu atau minum terlalu banyak juice.

Indigestion

Muntah; diare; tidak nafsu makan; demam

Stomach bug or keracunan makanan

Kembung; gas; kram; diare.

Infeksi parasit

Perut tidak enak ketika atau setelah turun dari mobil, kapal atau pesawat, pusing dan kemungkinan muntah.

Motion sickness

(Mabuk)

Hidung tersumbat dan berair; bersin-bersin; tenggorakan sakit; batuk; kemungkinan demam; terkadang sakit perut atau muntah karena ingus yang tertelan.

Flu

Sakit pada telinga; demam lebih dari 38°C; kemungkinan perut tidak enak; muntah-muntah, ,and/or diare; kemungkinan adanya cairan yang keluar dari telinga.

Infeksi telinga

Sakit di daerah panggul; sedikit demam, mual, atau muntah; ingin buang air terus; sakit ketika buang air kecil.

Infeksi saluran kemih

Rewel sehabis makan; gas; kembung; diare; gejala semakin parah seiring dengan bertambahnya porsi dairy (mengandung laktosa) anak anda; grafik pertumbuhannya terhambat

alergi laktosa

gatal dan kering pada kulit wajah, lutut, lengan, dan gejala ini menjadi sering setelah makan makanan tertentu, termasuk: gatal dan bengkak pada wajah, bibir, mulut, berbintik merah, mata berair, dan hidung berlendir, kemungkinan bisa muntah, atau kesulitan bernafas.

Alergi makanan segera bawa ke dokter/UGD jika mengalami kesulitan bernafas.

Kelihatan tidak apa-apa dalam satu menit dan kemudian merasakan sakit di menit berikutnya; Muntah-muntah; lesu; merasa ngantuk; BAB encer dan berdarah. Paling banyak pada usia antara 6 bulan - 3 tahun.

Intussusception (Gangguan usus) Segera bawa ke dokter / UGD.

Tidak nafsu makan; sedikit demam; kemungkinan muntah; sakit perut yang bertambah parah pada perut bawah kanan atau bagian tengah perut.

Radang usus buntu Segera bawa ke dokter / UGD.

Gumpalan di area kemaluan atau dekat pusar yang tiba-tiba menjadi lebih besar, lebih keras dan lebih gelap, dan tidak dapat dengan mudah "dimasukkan kembali"; kemungkinan muntah; mengeluh kesakitan.

Hernia Segera bawa ke dokter / UGD.

Demam; merasa lelah; tidak nafsu makan; muntah-muntah; perut tidak nyaman; urin berwarna gelap; Sakit kuning (kulit dan mata menguning).

Hepatitis

Tidak lincah; tidak nafsu makan; mudah marah; konstipasi

Keracunan

Last Updated on Tuesday, 03 November 2009 06:56
 
  • olalababy.jpg
  • thermometer 2.jpg